Selasa, 15 Juni 2010

PERAMALAN

Pengertian peramalan menurut Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti, Manajemen Operasi (2009:43) peramalan merupakan usaha untuk meramalkan keadaaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu. Esensi Peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan datang atas dasar pola-pola di waktu yang lalu, dan penggunaan kebijakan terhadap proyeksi-proyeksi dengan pola-pola di waktu yang lalu. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkan ke masa yang akan datang.
Menurut Freddy Rangkuti (2008 : 61) peramalan adalah merupakan alat yang sangat penting dalam membuat estimasi berapa besarnya permintaan (demand).
Jay Heizer dan Barry Render (2006 : 136) Peramalan (forecasting) adalah seni untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data di masa lalu dan menempatkannya ke masa yang akan datang dengan bentuk model matematis. Bisa juga merupakan prediksi intuisi yang bersifat subjektif.
Dari ketiga pengertian di atas, maka yang dimaksud dengan peramalan adalah suatu usaha untuk meramalkan kejadian di masa yang akan datang dengan melibatkan pengambilan data di masa lalu dan menempatkannya di masa yang akan datang untuk mengetahui seberapa besar permintaan.

0 komentar:

Posting Komentar