Jumat, 18 Desember 2009

Pendapatan Dan Aliran Dalam Etika

Banyak sekali pendapat serta aliran dalam menyikapi permasalahan tentang etika, dalam etika ada ukuran baik atau buruk. Pada dasarnya dapat digolongkan pada dua golongan yaitu teori yang mencari ukuran baik buruknya perbuatan pada perbuatannya, aturan sendiri dan yang mengukur baik buruknya perbuatan dari akibat-akibat yang ditimbulkannya. Ada pula yang mencari ukuran pada kebahagiaan, dalam situasi konkret perbuatan demikian mungkin mempunyai akibat yang positif bermanfaat dan sebagainya.
Tingkah laku, yaitu dapat dibicarakan apakah ukuran baik buruknya kelakuan manusia dan tindakan bukan ditentukan oleh akibat baik yang diperoleh si pelaku, maka kewajiban ialah hal yang niscaya dari tindakan yang dilaksanakan berdasarkan sikap hormat kepada hukum.
Dapat membedakan antara tujuan dari suatu tindakan dan akibat dari suatu tindakan serta memperkecil kerugian dan memperbesar manfaat. Memikirkan kepentingan umum dimana diri sendiri sebagai individu tidak terdapat didalamnya, tetapi umum yang telah baik itu berakibat memberikan pula kebaikan kapada diri pribadi. Manfaat dari pendapatan dan aliran ini yaitu dapat memotivasi seseorang untuk melaksanakan perintah sesuai dengan hati nuraninya tidak dengan paksaan serta bertujuan mencapai sesuatu yang baik dalam menjalankan profesinya masing-masing. Memberikan pelayanan yang prima kepada semua konsumen. Memberikan jalan keluar bila terjadi suatu hambatan serta sebagai dorongan untuk melakukan suatu hal.

0 komentar:

Posting Komentar